Es Pisang Ijo Pelepas Dahaga

0
97
Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo kuliner khas Makasar menggoda untuk dinikmati

Kulinerlampung.com — ES buah atau es campur menjadi andalan untuk menuntaskan dahaga saat berbuka puasa atau sekedar melepas dahaga di siang hari.

Tapi, selain kedua jenis es tersebut ada juga varian es lain yang belakangan banyak ditemukan mulai dari gerobak kaki lima sampai sekelas restoran.

Apalagi kalau bukan Es Pisang Ijo. Yup, kuliner asal Makasar ini mampu mencuri hati para penikmat kuliner Nusantara karena kelezatan, keunikan, dan kesegarannya.

Bagi kalian yang penasaran dengan proses pembuatannya dan ingin belajar membuat sendiri, berikut ini kulinerlampung.com bergagi resep Es Pisang Ijo yang lembut dan menyegarkan.

Resep Es Pisang Ijo

Bahan yang diperlukan yaitu 8 buah pisang Raja yang sudah matang, 150 gr tepung terigu, 150 gr tepung beras, 60 gr gula pasir, 300 ml santan kental.

Kemudian 250 ml air perasan daun pandan (blender 2 ikat daun pandan + 250 ml air, lalu peras), 3 tetes pewarna hijau makanan/pasta pandan, Kertas minyak secukupnya serta Daun pisang secukupnya.

Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat vla diantara 500 ml santan kental,50 gr tepung beras, 2 ikat daun pandan, 100 gr gula pasir dan ½ sdt garam

Bahan lainnya Es batu secukupnya, Sirup Coco Pandan secukupnya, dan Susu kental manis secukupnya

Cara membuatnya Pertama, bersihkan, lalu kukus pisang raja sampai matang atau kira-kira 10 menit. Lalu, kupas kulit pisang dan sisihkan.

Setelah itu, masukkan tepung terigu dan tepung beras ke wadah serta campur dengan santan kental dan air perasan daun pandan. Aduk perlahan agar adonan tidak menggumpal. Tambahkan gula dan pasta pandan/pewarna hijau dan aduk rata.

Kemudian, kukus adonan sekitar 20 menit. Setelah itu angkat dan diaduk sampai kalis.

Siapkan kertas minyak, lalu ambil beberapa sendok adonan dan taruh di atasnya. Pipihkan adonan, kemudian letakkan pisang dan balut dengan adonan. Pastikan seluruh bagian pisang tertutup adonan dengan rapi. Lakukan hal yang sama sampai pisang habis.

Letakkan pisang yang sudah dibungkus adonan ke atas daun pisang. Kukus pisang lebih kurang 15 menit. Usahakan ada jarak antar pisang agar tidak menempel saat dikukus. Angkat pisang saat sudah matang lalu dinginkan.

Sambil menunggu pisang matang sempurna, siapkan panci untuk membuat vla. Masukkan semua bahan untuk membuat vla.

Masaklah dengan api kecil sambil diaduk terus sampai mendidih dan mengental.

Untuk penyajiannya, tuangkan beberapa sendok vla sesuai selera Anda. Kemudian potong-potonglah pisang hijau dan letakkan di atas vla. Tambahkan es batu lalu siram es dengan sirup Coco Pandan dan susu kental manis.

Es Pisang Ijo di atas dapat dinikmati untuk 8 porsi. Minuman ini memang akan makin nikmat jika disantap bersama teman dan kerabat. Kalau minuman segarnya sudah ada, makanannya jangan sampai lupa.

Selamat mencoba ya bun… (dari berbagai sumber)

Foto @kemalahikmah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here