PTPN VII Unit Kedaton Gelar Donor Darah

0
74
Donor darah
Manajer Unit Kedaton Willy Mulyawan saat mengikuti kegiatan donorkan
TANJUNGBINTANG, Kulinerlampung.com—Aksi sosial donor di darah di lingkungan PTPN VII kini telah merambah ke Unit-Unit. Kali ini, PTPN VII Unit Kedaton yang berada di Desa Way Galih, Kecamatan Tanjungbintang yang menggalang donor dari karyawan, keluarga karyawan, dan masyarakat sekitar, Sabtu (21/12/19). Dalam agenda kemanusiaan yang diadakan di Kantor Sentral Unit itu, terkumpul 62 kantong darah dari 65 peserta yang mendaftar.
Menggandeng PMI Unit Transfusi Darah Kabupaten Lampung Selatan, kegiatan sosial ini dibuka Manajer PTPN VII Unit Kedaton Willy Mulyawan. Hadir pada kegiatan sukarela itu, Kepala Desa Way Galih Suwarno, tokoh masyarakat Suwarman, dan beberapa warga. Sedangkan dari karyawan yang akan mendonor sudah datang sejak pukul 9.00.
Dalam pengantarnya, Willy Mulyawan mengatakan bahwa kegiatan sosial ini baru pertama kali diadakan di PTPN VII Unit Kedaton. Sebelumnya, kata dia, karyawan Unit Kedaton yang akan menyumbangkan darahnya diarahkan mengikuti agenda donor darah yang diadakan di Kantor Direksi di Bandar Lampung.
“Ini adalah yang pertama di sini. Sebelumnya, kami kalau mau donor ke Kandir. Dengan menyelenggarakan sendiri, kami berkeyakinan jumlah pendonor akan lebih banyak. Dan alhamdulillah, perkiraan kami terbukti. Ada 65 orang mendaftar,” kata dia.
Willy menambahkan, PTPN VII yang saat ini sedang diuji dengan perlambatan kinerja akibat berbagai faktor terus berupaya maksimal untuk bangkit. Selain upaya manajemen dengan memperbaiki seluruh kinerja semua sektor, manajemen juga menggerakkan seluruh komponen untuk meningkatkan ikhtiar spiritual.
“Kami sangat meyakini, usaha kami sangat bergantung kepada keridhoan Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Sebab, bisnis agro ini banyak dipengaruhi oleh faktor cuaca, curah hujan, kondisi tanaman, dan lain-lain yang otoritasnya ada pada Tuhan. Jadi, kegiatan seperti pengajian, santunan yatim piatu, donor darah, dan optimalisasi zakat, dan sebagainya adalah bagian dari upaya manajemen,” kata dia.
Sementara itu, Kepala Desa Way Galih Suwarno menyambut baik prakarsa PTPN VII Unit Kedaton dalam kegiatan donor darah ini. Ia mengatakan, pada agenda berikutnya, pihaknya akan mengajak masyarakat Desa Way Galih dan sekitarnya untuk memanfaatkan momen berbagi dalam donor darah ini.
“Saya sangat mendukung dan terima kasih kepada PTPN VII. Saya sudah bilang sama Pak Manajer agar kegiatan ini dijadikan agenda rutin. Dan saya akan mengajak warga saya untuk ikut donor. Sebab, donor ini, selain membantu sesama yang membutuhkan, juga membuat sehat,” kata dia.
Dalam agenda donor darah dengan tema “Setetes Darah untuk Menyelamatkan Orang Sesama” itu, PMI UTD Lampung Selatan mengerahkan satu tim terdiri dari lima orang. Donor berlangsung lancar, meskipun, dari 65 yang mendaftar, hanya 42 orang yang memenuhi syarat diambil darahnya.
“Yang mendaftar ada 65 orang, tetapi yang bisa diambil hanya 42 orang. Penyebabnya, pada umumnya karena kondisi tubuhnya kurang fit. Ada yang tekanan darahnya tidak memenuhi, ada yang belum sebulan donor, dan lainnya,” kata salah satu paramedis yang melakukan pengambilan darah. (Red/Rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here