Sensasi Wisata Unik, Air Terjun Lembah Pelangi

0
429
air terjun lembah pelangi
Air Terjun Lembah Pelanggi, Tanggamus Lampung @riofambudi

Kulinerlampung.com, Tanggamus–Provinsi Lampung memiliki banyak objek wisata yang dapat ada dikunjungi. Bagi anda pecinta tangtangan dengan udara segar dan air tejun yang asri kami dapat merekomendasikan Air Terjun Lembah Pelangi.

Untuk menuju ke kawasan Air Terjun Pelagi dapat ditempuh 2,5 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Sedangkan lokasinya berada di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus berada dalam kawasan hutan lindung Register 29 Kota Agung Barat.

Air terjun yang berlokasi di Kabupaten Tanggamus ini memiliki pesona keunikan tersendiri dengan dua tingkatan.

Tinggi air terjun pada tingkat pertama diperkirakan mencapai 60 meter, dan belasan meter ketinggian air terjun tingkatkan kedua. Dan  pada  tingkatan kedua air terjun ini memiliki cabang.

Saat kulinerlampung.com mengunjugi lokasi ini, untuk mencapai lokasi kami perlu berjalan kaki lebih kurang 700 meter hingga satu kilometer menuju air terjun itu. Dengan medan tempuh jalan setapak naik turun dan melewati perkampungan warga dan semua perjuangan untuk menacapai lokasi akan terobati saat kita melihat keindahan air terjun ini.

Tim kulinerlampung.com sangat takjub ketika mencapai air terjun utama menyaksikan keindahan air terjun Lembah Pelangi yang tak kalah dengan air terjun yang ada di Kabupaten lain di Provinsi Lampung.

Percikan air terjun yang membasahi lingkungan sekitar yang berbukit batu dan pepohonan yang rindang nan asri terasa sejuk ditambah hembusan angin membuat kita ingin rebahan dibebatuan.

Selain dapat menyaksikan keindahan air terjun bertingkat, pengunjung juga dapat melihat secara langsung eloknya warna-warni pelangi di siang hari saat cuaca cerah, merasakan dingin dan sejuknya tetesan air yang memercik dari air terjun, sekaligus merasakan sensasi berendam dalam air panas maupun air hangat alami di sini.

Pelagi akan muncul saat tengah hari di sekitar air terjun itu ketika cuaca cerah, dan lokasinya berada di lembah, maka masyakarat sekitar menyebut dengan Air Terjun Lembah Pelangi.

Muculnya pelangi dikarenakan percikan air terjun dan terkena cahaya sinar matahari, sehingga memancarkan warna serupa pelangi.

Awal mulanya lokasi ini diberi nama Air terjun Pondok Rejo sekitar tahun 1970an warga sekitar mulai dikunjungi warga dan wisatawan local, terang Muslim salah seorang warga sekitar menerangkan pada kulinerlampung.com.

Dan pada bulan Februari 2015 nama Air Terjun Pondok rejo berganti nama menjadi Air terjun lembah Pelangi.

Pengelolaannya objek wisata Air terjun lembah pelagi, saat ini dikelola oleh kelompok sadarwisata (pokdarwis) Pekon Sukamaju Lampung.

Saat weekend pengelola dapat menjual tiket masuk 400-500 lembar dengan harga Rp15-20 Ribu dan hasil penjualan disisihkan untuk kas Desa.

Dengan pengembangan objekwisata untuk terus menjaga keasrian dan lingkungan di sekitar kawasan air terjun Lembah Pelangi. Sehingga keasriannya  tetap dapat terlindungi dan dilestarikan bersama-sama, tambah Muslim. Bagaimana anda tertarik…? (KL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here