PTPN VII Way Berulu Menjajal “Cross Country”

0
59
peserta cross cuntry
Peserta Cross Country

Kulinerlampung.com—Memiliki kebun karet yang luas dan berkontur dinamis menarik Manajer PTPN VII Unit Way Berulu mengenalkan olah raga berbasis adventure. Bersama seratusan karyawan, Sabtu (14/12/19), Sugeng Budi Prasongko, sang manajer menjajal track di kebun itu dengan berjalan kaki olah raga lintas alam atau cross country..

Parakaryawan terdiri dari Karyawan Kantor, Teknik Pengolahan dan Tanaman mengeksplore areal kebun karet melalui “jalan-jalan tikus” yang selama ini hanya dilintasipara penyadap. Event jalan bebas ini  melintasi beberapa desa afdeling.

Sugeng mengatakan, sesi olah raga bebas ini adalah bagian dari sosialisasi perusahaan kepada masyarakat sekitar maupun karyawan yang bekerja di lapangan. Ia mengatakan, bertemu dan berkenalan dengan masyakarat sekitar adalah bagian dari upaya membangun sinergi dan harmoni. Sebab, kata dia, masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan adalah pagar sosial yang sangat penting.

“ini adalah upaya kami untuk lebih dekat dengan masyakarat. Sebab, kalau masyarakat kenal dengan kita, insyaallah perusahaan juga akan aman,” kata dia.

Ke dalam, bertemu dengan para penyadap di tempat mereka bekerja adalah bagian dari upaya menyentuh dan membangun kebersamaan. Sugeng menambahkan, selama ini mereka memang sudah sering bertemu, tetapi pertemuan kebanyak di kantor”Dengan bertemu dan kotanyang mengunjungi di tempat mereka bekerja, pasti suasana hatinya akan beda,” kata dia.

Kepada para karyawan, Sugeng dan seluruh peserta olah raga lintas alam ini juga membawa pesan atau sosialisasi  Budaya Perusahaan (Corporate Value) yaitu Sinergi Integritas Profesional* atau yg disingkat SIPro oleh Unit Way Berulu.

Rute yang ditempuh dari Lapangan Tenis Way Berulu – Kantor Afdeling I – TBM 2013 – Eks Bibitan – Field 2006 – Desa Bagelen – Desa Tempel Rejo – Finish Pabrik Way Berulu, jarak yang di tempuh +/- 5 Km.

Menurut Pelaksana kegiatan Agus Saepul Bahri sebagai _Change Agent_ SIPro Unit Way Berulu,  kegiatan ini digelar  sebagai bagian dari penutupan sosialisasi kegiatan dari nilai-nilai perusahaan perkebunan yang nantinya akan dilaporkan ke kantor Direksi, Untuk memberikan semangat kegiatan ini juga memberikan doorprize kepada peserta Cross Country.

Hadir juga dalam kegiatan ini _Change Booster_ dari kantor Direksi bapak *Sasmika Dwi Suryanto*, dalam sambutannya beliau mengapresiasi upaya yang dilakukan Unit Wabe dalam mensosialisasikan SIPro.

Lanjut beliau acara ini penting untuk mendorong kekompakan tim dan sinergi antar bagian dalam mencapai tujuan bersama.

Kita perlu terus mendalami pemahanan terhadap Corporate Values Sinergi, Integritas, Profesional. Kedepan, setelah program sosialisasi selesai, tantangan kita adalah bagaimana agar nilai-nilai  SIPro dpt diimplementasikan bersama oleh seluruh komponen organisasi. Dalam pengukuran kesehatan budaya perusahaan (Organizational Health Culture Index/OHCI) masih ada culture toxic yg harus kita hilangkan bersama, yaitu : Birokrasi, Cenderung bekerja sendiri2, Kepemimpinan yang kurang kompeten, Eksploitasi, Fokus pada jangka pendek.

Internalisasi dan implementasi corporate values diharapkan dpt mengeliminir culture toxic yg ada.

Tim pusat menilai bahwa Unit Way Berulu merupakan salah satu unit yg terbaik dalam pelaksanaan program sosialisasi SIPro. “SemogaSemoga dengan adanya event seperti ini dapat meningkatkan soliditas karyawan Unit Way Berulu,” kata dia. (KL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here