Lampung Punya Guci

0
44
gerabah
Pekerja Purna Irawan sedang finising guci

Kulinerlampung.com—Purna Irwan yang biasa dipanggil Wawan F2 Kemarik adalah salah satu pengusaha gerabah yang ada di Provinsi Lampung, tepatnya di Jl. PTPN Rejosari, Sidoharjo I, Negara Ratu, Natar Lampung Selatan.

Saat saya temui ditempat kediamannya sekaligus temat usaha wawan menerangkan usaha yang dirintisnya ini berdiri sejak tahun 2012.

Ya mas saya sebelumnya buruh bagian finishing di salah satu pengusaha kerabah yang ada disini, lambat laun berpikir jika selamanya begini tidak akan bisa hidup lebih baik..nih selorohnya.

Saat kemampuannya sudah cukup ia memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri dikediamannya ingat saya tahun 2009 saat itu, raut mukanya berkerut mengingat-ingatnya.

Selang dua tahun saya sudah dapat mempekerjakan 3 orang yang masih sanak pamilinya dan sampai dengan saat ini sudah 17 orang suadara dan tetangga wawan bekerja padanya.

Berapa omset dan dimana saja prodak mas wawan dipasarkan..? alhamdulilah omset saya perbulan sudah mencapai 40 juta dan dipasarkan di wilayah sumatera seperti Palembang, Jambi, Padang, Bengkulu dan Lampung Sendiri, itu di Jambi saya sudah memiliki langganan tetap.

Gerabah yang dihasilkan oleh wawan memang berbeda dengan yang ada kebanyakan, ia telah memadukan seni kreatif pada prodak yang dihasilkan, sehingga tidak jarang ia mengikuti pameran diluar Provinsi Lampung, seperti belum lama ini ia mengikuti “Pestival Taboh” Di Provinsi Bengkulu.

Harganya pun cukup terjangkau mulai dari 10 ribu sampai dengan 1,5 juta, dan prodaknya meliputi Guci Meriah, Gentong, Dandang, Celengan berbagai model, meja hias taman dan tempat mudu.

Selain itu ia pun dapat mengerjakan berbagai bentuk guci sesuai pesanan konsumen termasuk supenir untuk pernikahan dan piala dari tanah liat (KL).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here